perolehan medali sea games 2013

(Beraninya) Myanmar Curangi Pelari Indonesia


Diduga dendam dan ingin melebihi peraihan medali dibanding Indonesia, Juri asal Myanmar pada SEA Games 2013 kemarin (Selasa 17 Desember 2013) curangi pelari Indonesia.

perolehan medali sea games 2013

Triyaningsih

Tribunnews.com – Seorang pelari asal Jawa Tengah, Triyaningsih terlihat lesu setelah memasuki garis finis. Tak hanya itu saja, ia sempat mengeluarkan air matanya manakala ia hanya pada posisi runner-up (2nd) di lintasan favoritnya 5000 M pada lintasan lari Wunna Theikdi Stadium, Naypyitaw, Myanmar disaat pertandingan SEA Games 2013 2 hari silam.

Atlet didikan Diklat  Salatiga Jawa tengah ini mencucurkan air matanya bukan saja hanya karena ia gagal meraih medali emas, tidak lain adalah karena ia pun merasa dicurangi oleh pihak Myanmar hingga akhirnya ia hanya mendapatkan medali perak.

Kali ini, medali emas jatuh ketangan pemain asal Myanmar, Phyu War Thet. Tak hanya medali emas saja yang diambil oleh pihak tuan rumah, medali perunggu pun di caplok oleh atlet asal Myanmar yaitu Khin Mar Sal. Melihat hal tersebut, dari pihak kita (Indonesia) memprotes pihak tuan rumah. Mereka mengatakan bahwa terdapat kecurangan yang terbukti jelas yang dilakukan oleh Phyu War Thet, yaitu keluar dari jalur.

“Benar, kami protes karena ingin menegakkan aturan. Seharusnya atlet tuan rumah didiskualifikasi,” kata manajer atletik Indonesia, Paulus Lay, usai perlombaan.

perolehan medali sea games 2013

Phyu War Thet

Menurutnya, Phyu seharusnya didiskualifikasi karena sang atlet telah melakukan tindakan yang melanggar aturan (ya karena keluar jalur itu tadi). Hal itu terlihat jelas pada layar penonton yang ditampilkan di stadion sebanyak dua kali. “Terlihat jelas di layar, tapi juri tidak mendiskualifikasi. Makanya kita protes,” katanya.

Wasit Soe Han sempat menghampiri Paulus Lay dan meminta rekaman video demi mengkonfirmasi adanya tindak kecurangan tersebut. “Kenapa minta ke kami, ofisial pasti punya rekamannya,” Jawab Paulus.

Record waktu Triyaningsih dengan Phyu menjadi salah satu kecurigaan tersebut. Triyaningsih mencapai garis finis pada waktu 16 menit 24,36 detik sedangkan Phyu melesat dalam waktu 16 menit 06,1 detik. Disusul oleh si peraih medali perunggu dalam waktu 17 menit 37,57 menit.

Dikarenakan protes tersebut, catatan waktu yang resmi masih belum dikeluarkan oleh pihak panitia. Namun begitu, demi memperkuat protes tersebut pihak panitia meminta dari pihak Indonesia dengan menyertakan rekaman lomba.

Apabila atlet asal Myanmar tersebut terbukti melakukan kecurangan, maka sudah dipastikan bahwa dia akan didiskualifikasi dan medali emas akan jatuh kepada pihak Indonesia. Sayangnya, sampai sore kemarin belum ada kabar melanjut mengenai protes tersebut.

Komentar saya : Demi meraih medali emas dan membalaskan dendam kepada Indonesia, mereka berani melakukan kecurangan. Perolehan medali SEA Games 2013 di Myanmar ini sangat buruk sekali dibandingkan di negara ASEAN lainnya.

Tags : perolehan medali sea games 2013

Iklan

Menanam backlink pada blog ini diperbolehkan, asal tidak lebih dari 1 dalam satu komentar. Dan komentar Anda harus sesuai dengan artikel yang kami sajikan. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s