Keistimewaan Perkedel bondon


Makanan khas bandung perkedel bondon

Istilah gorengan tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Makanan yang memasaknya dengan menggunakan penggorengan yang dipenuhi minyak panas ini tentu saja sudah dikenal oleh semua orang di seluruh pelosok negeri. Terdapat berbagai jenis gorengan yang dijual di warung-warung diantaranya  pisang goreng, tahu isi, bakwan atau yang juga dikenal sebagai ote-ote di daerah Jawa timur dan bala-bala dari sunda yang bahan dasarnya sama. Selain itu ada tempe mendoan, jemblem dari singkong,dan perkedel.

Perkedel merupakan gorengan yang berbahan dasar kentang dan telur. Kentang yang sudah direbus lalu ditumbuk hingga lembut kemudian ditambahkan bumbu-bumbu serta telur. Biasanya perkedel digunakan sebagai lauk makan nasi di rumah-rumah maupun di warung. Rasanya gurih khas dengan tekstur yang lembut. Di daerah Bandung tepatnya di wilayah Terminal Hall Jalan Kebon Jati, terdapat satu warung yang selalu ramai setiap pukul 23.00 WIB. Warung tersebut sudah melegenda disebabkan oleh satu makanan mungil dengan rasa yang istimewa. Warung ini dikenal dengan istilah warung perkedel bondon.

Sesungguhnya di warung itu tidak ada tulisan perkedel bondon. Namun masyarakat sekitar  menambahkan istilah bondon pada perkedel yang dijual di warung tersebut karena perkedel kentang itu hanya tersedia pada pukul 23.00 WIB bersamaan dengan jam kerja para bondon yaitu istilah sunda bagi para pekerja seksual.

Keistimewaan perkedel bondon selain hanya tersedia mulai pukul 23.00 WIB yaitu perjuangan untuk memperolehnya. Karena warung tersebut selalu ramai oleh antrean panjang orang-orang yang ingin menikmati perkedel, maka Anda harus mengambil nomor antrean. Sementara untuk mengantre, beruntung apabila anda mmemperoleh tempat duduk. Di warung tersebut hanya tersedia 25 tempat duduk yang biasanya sudah penuh dengan pelanggan. Dalam hal rasa, perkedel yang bergelar bondon ini juga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan perkedel lainnya, dengan resep yang turun-temurun sejak tahun 1980, perkedel ini bertekstur renyah diluar dan lembut di dalam. Setiap satu porsi terdapat 20 perkedel yang harganya Rp. 20.000/ porsi. Selain itu untuk memasaknya digunakan tungku arang yang tetap dipertahankan hingga sekaang. Bahkan perkedel jenis ini masih mulai banyak digemari di bulan Februari 2014 ini sebagai makanan begizi dan murah.

Iklan

One thought on “Keistimewaan Perkedel bondon

Menanam backlink pada blog ini diperbolehkan, asal tidak lebih dari 1 dalam satu komentar. Dan komentar Anda harus sesuai dengan artikel yang kami sajikan. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s