Sensasi Combro Bandung, Bikin Anda Lapar Terus


Makanan combro asal Bandung

Combro, siapa yang tahu makanan apa ini ? Makanan ini juga salah satu makanan tradisional masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung. Masyarakat disana biasanya menyebutnya gemet. Makanan keren ini dibuat dari bahan pokok singkong yang diparut, dibentuk bulat atau bisa divariasi sesuai dengan selera. Ternyata si makanan combro ini di dalamnya terdapat ruang kosong guna meletakkan isian, bisa divariasikan dengan berbagai macam isi, namun pada dasarnya combro berisi sambal oncom, setelah siap dengan isiannya combro siap untuk di goreng. Di musim hujan seperti bulan Februari 2014 ini, seperti nya combro bisa menjadi camilan atau makanan yang pas untuk mengisi perut kosong Anda.

Combro, kuliner spesial kota bandung

Ternyata nama combro merupakan sebuah kependekan dari ‘oncom di jero’, ini berasal dari bahasa Sunda. Oncom adalah hasil fermentasi makanan yang berbentuk kapang, dimana oncom ini layak dijual ketika kapang telah menghasilkan spora. Isian combro ini difermentasi dari bungkil tahu, yaitu ampas tahu yang sudah diambil kandungan proteinnya ketika pembuatan tahu.

Kuliner combro merupakan panganan terkenal Bandung, enak dan pas disantap ketika hangat. Dari segi khasiat juga baik karena masih mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi anda yang penasaran apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan cobro, maka simak informasi berikut ini.

Berikut adalah bahan yang perlu anda ketahui dalam proses pembuatan kuliner ini, simak :

  1. Singkong. Singkong biasa disebut dengan ketela pohon atau umbi. Merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh tiap tahunnya. Baik sebagai pengganti beras karena mengandung karbohidrat yang tinggi untuk memberikan energi pada tubuh.
  2. Tepung kanji. Tepung ini biasanya disebut dengan tepung tapioka, dimana tepung ini diolah dari umbi akar ketela pohon.
  3. kelapa yang tidak terlalu tua. Digunakan kelapa yang tidak terlalu tua ternyata banyak mengandung nutrisi, tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.
  4. Daun bawang, garam, dan minyak goreng.

Dan untuk bahan isian maka anda bisa siapkan beberapa bahan berikut ini seperti oncom, daun bawang, bawang merah, cabe rawit merah, bawang putih, garam, gula pasir, dan merica bubuk sebagai penguat rasa. Bahan-bahan tersebut diatas dapat di olah untuk menjadi kuliner special Bandung yaitu combro.

Iklan

Menanam backlink pada blog ini diperbolehkan, asal tidak lebih dari 1 dalam satu komentar. Dan komentar Anda harus sesuai dengan artikel yang kami sajikan. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s