Lotek vs Rujak Bandung


Kuliner khas Indonesia keberagamannya tidak kalah dngan keberagaman adat, suku dan pulaunya. Masing-masing masakan memiliki rasa yang khas yang bersahabat di lidah. Di daerah Pulau Jawa, sudah banyak sekali jenis masakan yang menjadi ciri khas masing masing daerah. Soto di Kudus, Lamongan, hingga rujak soto khas banyuwangi. Selain soto, terdapat bermacam-macam makanan lainnya salah satunya lotek yang dikenal sebagai salad khas Indonesia.

Meskipun di wilayah Yogyakarta sangat terkenal dengan berbagai warung makan yang terkenal dengan menu  salad sayur Indonesia ini namunmakanan ini menjadi ikon kuliner khas Bandung. Karena di wilayah Yogyakarta, gudeg lah yang menjadi ikon kulinernya.

Salad sayur Indonesia ini setiap porsinya terdiri dari berbagai macam komponen, diantaranya sayur-mayur yang sudah direbus dan bahan-bahan yang mengandung karbohidrat seperti lontong atau nasi. Di dalamnya juga terdapat bakwan yang gurih dipotong-potong sehingga terasa lebih lezat dan terkesan di lidah masyarakat. Semua perpaduan tersebut dicampur dengan saus kacang yang khas dan legit.

Apabila ada salad sayur, di Indonesia juga terdapat salad buah khas, yaitu lotis. Potongan-potongan buah dan biasanya terdapat potongan tahu yang disiram dengan saus gula merah yang pedas manis. Santapan ini biasanya dinikmati di siang hari ketika cuaca sedang panas.

Berbeda dengan lotek, yang lebih terkenal di sekitar wilayah Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah, di Jawa Timur terdapat satu makanan yang mirip dengan makanan yang disebut salad sayur Indonesia yaitu rujak. Dari penampilan apabila diamati sekilas, rujak hamper sama dengan makanan salad sayur yang menjadi ikon kota Bandung tersebut. Yang membedkan diantara keduanya adalah rasa dan terdapat komponen yang berbeda dalam setiap porsinya.

Yang membedakan diantara keduanya ialah, apabila pada lotek terdapat irisan tomat dan kubis mentah namun di dalam rujak Jawa Timur tidak. Selain itu keberadaan bakwan, serta racikan bumbu yang berbeda membuat dua makanan ini berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Pada rujak Jawa Timur bumbu kacang yang disajikan bersama sayur dan lontong rasa petis udangnya sangat terasa, selain itu terdapat irisan temped an tahu dalam rujak. Anda dapat memilih diantara keduanya sesuai selera.

Iklan

Menanam backlink pada blog ini diperbolehkan, asal tidak lebih dari 1 dalam satu komentar. Dan komentar Anda harus sesuai dengan artikel yang kami sajikan. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s