Karedok, Kuliner Khas Bandung Yang Menggugah Selera


Karedok leunca bandung

Karedok, bahasa asing dan jarang orang tahu, namun jika pecinta kuliner sejati pasti akan sangat familiar terhadap makanan khas Bandung ini. Memang kuliner Indonesia sangat kaya akan permainan rempah bumbu yang khas, itulah mengapa kuliner Indonesia sangat disenangi orang bahkan sampai manca Negara. Lidah orang Indonesia memang sangat pas dengan berbagai macam variasi makanan.

Karedok

Asal mula penamaan makanan ini, karena makanan ini ditemukan di daerah bernama Karedok, yaitu sebuah desa yang terletak di kecamatan Jati Gede, salah satu di wilayah Sumedang, Jawa Barat. Memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan kontur tanah yang menawan yang cocok untuk tanam sayur mayur. Menjadikan desa ini kaya akan sumber pertanian sayuran. Itulah sebabnya sajian kuliner satu ini lahir ditempat yang tepat, dengan para mojangnya yang mempesona.

Makanan ini sangat kaya akan sayuran yang baik untuk tubuh anda. Uniknya sayuran tersebut disajikan dalam keadaan segar atau mentah. Bagi anda pecinta sayuran pastilah sangat senang jika menyantap kuliner satu ini. Sayuran tersebut diantaranya kecambah, ketimun, daun kemangi, terong, dan kacang panjang. Dipadu dengan bumbu kacang yang sedap. Seluruh sayur disajikan secara mentah dan segar, tentu sayuran yang baik, semua sayuran tersebut tidak melalui proses pemasakan yang biasa dapat menghilangkan kandungan vitamin dan mineral jika tidak pandai dalam pengolahannya.

Sambal yang digunakan sangat lengkap terdiri dari beberapa bahan seperti gula merah ; garam ; cuka sebagai penyedap rasa alami ; terasi, terbuat dari ikan atau udang rebon diolah sedemikian rupa yang berupa adonan, diproses secara fermentasi ; kencur yang dicincang, bahan ini memberikan aroma segar dan rasa yang khas ; cabai merah, ciri khas orang Indonesia yang suka dengan rasa pedas ; kacang tanah, merupakan bahan yang kaya akan protein pembangun sel-sel tubuh, membantu menciptakan cita rasa yang setimpal akan sambal.

Disajikan dengan nasi hangat yang nikmat ditemani dengan secangkir teh hangat, membuat makanan ini semakin istimewa. Dengan beralaskan daun pisang, sajian kuliner karedok semakin menggoda selera, namun bagi anda yang tidak berselera dengan sampingan nasi, maka anda dapat menghapus menu satu ini.

Iklan

Menanam backlink pada blog ini diperbolehkan, asal tidak lebih dari 1 dalam satu komentar. Dan komentar Anda harus sesuai dengan artikel yang kami sajikan. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s